Kandungan gizi makanan sehat

Berikut ini kandungan gizi makanan sehat yang kita ketahui:

Apel

Apel berguna sekali antara lain untuk menangkal radikal bebas. Anti kolesterol, mempunyai indeks glikemik (=indikator kecepatan peningkatan gula darah) yang sangat rendah dan dapuat mengontrol keluarnya insulin, yang mana sangat berguna bagi atlit binaraga dan fitnessmania yang rutin latihan beban. Selain itu dikenal juga pepatah: “An apple a day keeps the doctor away”.

Kandungan gizi: 58kkal energi,0.4g lemak, 0.3g protein,14.9g karbohidrat. Data diambil dari 100g apel.

Pisang

Pisang ini merupakan karbohidrat pilihan para olahragawan. Selain mudah didapat, kandungan gizi dan vitaminnya sangatlah baik bagi tubuh. Enzim bromelain yang terkandung di pisang ini juga berfungsi meningkatkan libido kaum pria. Kandungan potasium dan vitamin B sanggup meningkatkan tenaga yang lemas.

Kandungan gizi: 99kkal energi, 1.2g protein, 0.2g lemak. Data diambil dari pisang ambon.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran pilihan yang kaya akan vitamin C dan serat makanan. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang berfungsi mengumpulkan senyawa lain yang bersifat oksidatif stres yang kemudian mengubahnya menjadi protein. Brokoli tiap hari akan mengurangi oksidatif stres dan radikal bebas penyebab pembengkakan jaringan, hipertensi, stroke, kanker serta alzeheimer.

Beras Merah

Selain kaya serat, beras merah juga terkenal kaya akan kandungan zat besi dan vitamin B, antara lain B1, B2, B6 dan asam tantoneat. Kandungan selenium dapat membantu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel untuk mengurangi resiko kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Roti Gandum

Roti andalan pelaku diet ini mengandung serat yang tinggi, anti oksidan, fitoestrogen (yang baik untuk mencvegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan zat besi.

Havermout

Karbohidrat andalan para atlit ini mengandung serat yang banyak yang dapat memangkas resiko penyakit jantung dengan cara mengikat kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein).

Dada Ayam dan Putih Telur

Kedua sumber protein ini merupakan andalan para olahragawan dalam memenuhi kebutuhan proteinnya. Kedua makanan ini pun mengandung lemak yang rendah.

Semoga data ini berguna bagi kawan yang gemar berolahraga.

Data diambil dari tabloid Reps edisi Desember 2006.

About these ads

~ by Rod on February 22, 2008.

11 Responses to “Kandungan gizi makanan sehat”

  1. that’s right..!!

  2. informasi menarik dan penting. terimakasih.
    salam kenal dari taufikam@ymail.com

  3. Info anda sangat berguna. Semoga anda tetep senang membagi ilmu anda. Terima kasih

  4. menarik

  5. Hi Jason, are you James Taylor’s son? James is my classmate back in the good old days of the sixties in Bogor. If you’re not his son just ignore this question.
    Thanks
    Bambang

    • Yes, I am. As a matter of fact, I believe we have met several times including the one when you visited me during my illness @ RS Azra. I know, it’s such an irony knowing that I wrote something about healthy food while I actually had food poisoning at that time..:-(

  6. anybody knows the kind of foods? please reply.

  7. thank for information,that is very useful for me

  8. akhir ya bsa mendapat kan tugas buat besok hehehehehe

  9. Infonya bermanfaat Banget… Ada informasi ttg kandungan Karbohidrat, Protein dan Lemak di makanan lainnya :-)… Makasi banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: