Pengganti nasi putih dan roti putih

Menurut sumber bacaan yang saya baca, nasi putih dan roti putih merupakan salah satu penyebab tingginya kadar lemak yang dikandung dalam tubuh. Penimbunan lemak ini terjadi dikarenakan kurangnya aktivitas yang bersangkutan yang meningkatkan pembakaran lemak oleh otot. Hal ini juga disebabkan karena struktur internal nasi putih dan roti putih itu sendiri yang merupakan sumber karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh. Karena sifatnya yang mudah diserap inilah yang menyebabkan anda jadi cepat merasa lapar (lagi).

Adapun proses yang menyebabkan penimbunan lemak antara lain adalah karena dihasilkannya insulin oleh lambung yang digunakan untuk memproses sumber karbohidrat yang sederhana ini. Ciri-ciri sumber karbohidrat sederhana adalah begitu anda kunyah, anda akan merasakan rasa manis. Rasa manis ini merupakan salah satu bentuk gula yang diperoleh dari karbohidrat. Mengenai bagaimana secara spesifik insulin ini mempengaruhi kadar lemak tubuh kita, saya pun kurang begitu dalam akan pengetahuan di bidang ini. Namun pasti saya akan berikan penjelasan yang lebih akurat setelah saya mendapatkan data-data yang cukup untuk mendukung teori ini.

Bagaimana yang baiknya, dong? Yang baik adalah dengan mengganti sumber karbohidrat anda (yang sekarang adalah nasi putih ataupun roti putih) dengan bahan lain yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Seperti yang dituturkan di banyak buku, karbohidrat kompleks lebih tahan lama di dalam proses pencernaan makanan dan hal inilah yang menyebabkan anda tidak akan merasa cepat lapar. Atau anda mungkin lebih mengenalnya dengan kata serat? Serat sebenarnya adalah karbohidrat kompleks. Anda pun sepertinya tidak asing lagi dengan manfaat serat toch?

Apa saja kalau begitu pengganti nasi putih yang baik yang merupakan sumber karbohidrat kompleks?

  • Ubi

Nah, yang ini pasti anda sudah tidak asing lagi bukan? Selain merupakan sumber karbohidrat kompleks, ubi juga mengandung beberapa kandungan vitamin dan mineral lain yang sangat diperlukan tubuh. Kalau tidak salah, ubi mengandung karoten yang sangat diperlukan untuk kesehatan mata. Untuk lebih jelas akan kandungan sehat lain yang ubi miliki mungkin ada baiknya anda cek dulu dengan referensi yang ada. Saya juga akan mengadakan penelusuran lebih lanjut tentang ini karena pengetahuan saya yang sangat minim dalam bidang ini.

  • Nasi Merah

Wah, kalau yang satu ini mungkin anda akan bilang, “Mana enak makan nasi merah??” Tapi anda mungkin lebih baik mengingat kesehatan dibanding rasa makanan. Lagipula nggak sebegitunya deh. Nasi merah tidak jauh berbeda rasanya dengan nasi putih, hanya saja nasi merah memang tidak terasa halus di mulut dan hal ini dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi. Nasi merah juga digunakan sebagai pengganti nasi putih bagi para atlit binaragawan untuk memperoleh kadar lemak yang rendah dalam tubuhnya (< 10%).

  • Jagung

Yang satu ini pasti sudah tidak aneh lagi bukan? Selain itu jagung juga mudah diperolehnya serta pengolahannya yang tergolong mudah. Ada baiknya cara pengolahan juga diperhatikan. Seberapapun sehatnya bahan dasar makanan yang anda konsumsi, tetap hal itu harus didukung dengan teknik pengolahan yang baik. Adapun teknik-tekniknya akan dijelaskan lebih lanjut.

  • Roti Gandum

Roti ini mungkin anda sudah dengar berkali-kali tapi tetap anda memilih roti putih yang lebih kenyal dan enak di mulut. Memang roti gandum tidaklah tampak semenarik roti putih dan rasanya pun tidak seenak roti putih meskipun hanya beda tipis. Walaupun demikian roti gandum mengandung serat lebih banyak yang anda perlukan dibandingkan roti putih. Jadi lebih baik tidak enak sedikit kan daripada tidak sehat?

  • Oat

Untuk pilihan oat, anda dapat memperolehnya di pasar-pasar swalayan ataupun toko-toko terdekat. Namun, usahakan jangan memilih yang instant. Hal ini dikarenakan proses yang telah dilalui oat instant membuat kandungannya tidak sebaik yang original.

Bahan-bahan makanan yang diatas apabila anda telah konsumsi, maka anda hanya satu langkah lagi menuju hidup anda yang lebih sehat. Yang perlu menjadi perhatian anda sekarang adalah cara pengolahan bahan-bahan makanan lain yang menjadi pendamping bahan makanan diatas. Adapun teknik-teknik pengolahan yang baik adalah sebagai berikut:

  • Kukus/steam
  • Rebus
  • Bakar

Mengapa goreng tidak dimasukan dalam daftar diatas? Mungkin hal ini sudah bukanlah rahasia lagi, jadi tidak perlu dijelaskan lebih jauh lagi. Tapi bagaimana kalau menggorengnya dengan menggunakan minyak goreng yang mengandung kadar lemak rendah ataupun bahkan dengan olive oil sekalipun? Hal ini memang cukup baik apabila anda praktikan, namun apabila jumlah makanan yang diolah dengan digoreng itu anda konsumsi dalam jumlah yang banyak tentunya hal ini tidak akan mencegah apa yang anda berusaha lakukan, bukan? Hal ini agak sedikut susah dikendalikan karena memang harus diakui makanan yang digoreng memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan teknik pengolahan yang lain. Oleh karena itu akan susah untuk menekannya apabila anda telah mencobanya. Dengan demikian lebih baik tidak sama sekali apabila anda tidak memiliki kendali yang cukup kuat untuk menolaknya.

Demikian tips-tips yang saya miliki untuk di-share kepada anda. Mohon maaf apabila keterangan yang saya sampaikan kurang. Namun demikian saya akan terus menelusurinya dan akan melakukan perbaikan pada tulisan ini secara bertahap.

Marilah kita memulai hidup sehat. Tidak ada ruginya!

~ by Rod on January 27, 2008.

5 Responses to “Pengganti nasi putih dan roti putih”

  1. Terimakash infonya..saya juga sedang berusaha satu langkah lagi hidup lebih sehat.. Salam kenal.

  2. sy sdh melakukannya sjk lm, yaitu mkn ns mrh mix ns pth , agar tdk terlalu pera, jd wty msk , brs pth dgn brs mrh 1:1.
    dan mkn roti gdm, satu klrga sy tdk pnh complain, krn terbiaa.
    Tapi 1 kekurangannya, tdk bs tdk mkn grgan.
    stp hr menu lauk, ada syr, ayam, 1 mcm grgan atau krupuk.
    aplg ank2, maunya mknan digrg, jd sy sangat sulit utk mejn mknan sht.mhn saran2nya , bgmn crnya agaa2 ank2 mau mkn tp grgan, tks.

    • Dear Lala,

      Soal gorengan, mungkin hal ini hanya masalah kebiasaan dan menemukan jenis makanan yang disukai tapi yang bukan gorengan. Hal ini bisa dilakukan dengan trial and error. Memang butuh waktu, tapi saya rasa sepadan hasilnya.

      Soal makanan selingan, memang ada baiknya tidak terlalu banyak mengandung tepung ataupun nasi, tapi saya rasa untuk anak-anak, asalkan jumlahnya tidak berlebihan, hal ini boleh-boleh saja. Hal ini karena proses pencernaan anak-anak cukup cepat dan karenanya pembakaran berlangsung dengan cepat. Tepung dan nasi putih termasuk tipe makanan yang dapat langsung memberikan energi karena proses cernanya yang terbilang singkat. Pada anak-anak saya rasa hal ini tidak jadi masalah asalkan diimbangi dengan kegiatan olah raga yang aktif.

      Sebagai informasi, mungkin ada baiknya anda konsultasikan hal ini dengan ahli gizi, sehingga penjelasan ataupun sarannya dapat dipertanggungjawabkan. Saya bukanlah ahli gizi, sehingga pendapat saya hanyalah sebatas pendapat seseorang yang telah mempraktekkan sesuatu dan sesuai untuk saya. Bagi orang lain yang melakukan hal yang sama, belum tentu sesuai dan hasilnya sama. Hal ini dikarenakan pola penceranaan tiap orang yang unik. Seorang ahli gizi tentunya sebelum memberikan saran dan pendapat sudah memperhitungkan hal ini dan dia sewajarnya bertanggung jawab atas tiap anjurannya.

      Demikian terima kasih. Semoga tetap bermanfaat. Maaf bila kurang informatif.

  3. o ya, maaf seblmnya slm knl dr sy.

    mau tya lg dnk, sy pusing tiap hr memikirkan masakan n mknan.

    ank2 sy pg sblm sklh, hya mkn jus buah, kdg sm roti sedikit.
    jam 9 mrk mkn ns disklh yg dibw dr rmh.
    jam 12, mrk tdk mkn lg, sp plg kermh jam 15.30.
    biasanya sp rmh , lsg mkn ns atau jajan bakmi, kwetiau grg dll, mknan yg brt2 gitu. ktm mlm lg jam 19.00 mkn ns lg.
    lm2 sy pikir , kebykan mkn ns.
    terkdg, mrk plg dr sklh, sy pnh ganti dgn buah atau susu tbh sereal atau biscuit, tp mrk tdk knyg.
    klu sy ksh roti , kue lg, berarti kebykan mkn tepung kan?

    bgmn dnk solusinya, utk mknan selingan di sore hr, menjelang mkn mlm , tks.

  4. info yg bagus untuk hidup sehat…lam knal yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: