Web Hosting dan Domain??

Sebenarnya apaan sih itu, web hosting dan Domain?

Untuk teman-teman yang masih bingung akan kedua hal ini, mungkin tulisan ini bisa memberi sebercak cahaya..:)

Web Hosting, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa itu adalah proses me-host web.  Maksudnya? Host, berarti yang mengatur atau merencanakan. Seperti halnya kalo kita diundang ke suatu perjamuan, yang jadi ‘host’nya adalah yang punya rumah dan yang mengatur semua kegiatan di dalamnya. Nah, analogi yang sama dengan web hosting. Para ‘host’ ini menyediakan tempat untuk para ‘web page’ dengan segala aturan yang berlaku di tempat host tersebut.

Ada beberapa tipe web hosting, mulai dari yang gratis (biasanya untuk personal web page dengan simple features) sampe yang bayar (biasanya untuk bisnis dan feature yang udah advance). Jadi yakinkan pelayanan yang dapat diberikan oleh ‘host’ anda sebelum anda mendaftarkan diri sebagai pelanggan. Biasanya ‘host’ juga menyediakan fasilitas untuk mencoba dahulu agar pelanggan benar-benar puas akan apa yang diberikannya. Jangan lupa juga menanyakan ‘uptime’ dari host, alias kesiapsiagaan host dalam memberikan pelayanannya. Rata-rata mereka memberikan ‘uptime’ sekitar 95% yang berarti ‘hampir selalu siap’, kecuali pada saat maintenance maupun system restart.

Bagaimana dengan domain? Apaan sih itu? Domain, atau lebih lengkapnya Domain Name System (DNS) adalah pengalamatan. HHMm, gitu aja? Yup, gitu aja! DNS inilah yang memungkinkan kita mengetikkan “www.rodjasontaylor.wordpress.com” dan melihat isi page yang kita maksud daripada mengetikkan IP address (misal IPv4: 208.77.188.166) dari halaman yang dimaksud. Jadi, DNS mempermudah kita dalam pengalokasian halaman web yang kita kehendaki. DNS menerjemahkan bahwa IP address tertentu, misal  208.77.188.166 adalah http://www.rodjasontaylor.wordpress.com, demikian sebaliknya.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu teman-teman yang berusaha mengerti kedua istilah ini. Apabila ada yang mau koreksi maupun menambahkan, saya sangat senang menerimanya..:)

~ by Rod on January 27, 2009.

3 Responses to “Web Hosting dan Domain??”

  1. terimakasih atas infonya. salam kenal dari taufikam@ymail.com.
    sekarang anda tinggal dimana? kalau masih tinggal di nederland atau perancis, pasti cerita dunia wisata, food, resto dll yang ada di kedua negara tersebut pasti menarik untuk disimak.cobalah. saya tunggu.terimakasih.

  2. Teori bekerja DNS

    Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
    1. DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
    2. recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
    3. authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)
    thanks before…
    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA (MR. AMATEUR)

    • Terima kasih infonya, Mas. Sangat berguna! Mau gabung dong dengan Komunitas Pelajar Ilmu Komputer Indonesia. Untuk nambah-nambah ilmu. Gimana caranya, Mas? Sekali lagi, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: