Menangani permasalahan synchronisation pada Windows Mobile Device Center

Mungkin teman-teman juga pernah mengalami permasalahan yang sama. Saya memiliki telepon genggam HP iPAQ 512 Voice Messenger dengan Operating System Windows Mobile 6.0. Beberapa hari terakhir ini terjadi permasalahan dengan proses synchronisation antara hp saya dengan PC/laptop. Secara lebih spesifik, permasalahan utama adalah Calendar yang tidak sesuai antara yang ada pada hp saya dengan Microsoft Outlook 2007 yang saya gunakan di PC.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah memeriksa apakah Calendar termasuk salah satu folder yang disinkronisasi.

Windows Mobile Device Center Sync Settings

Windows Mobile Device Center Sync Settings

Dari sini bisa kita lihat apakah Calendar termasuk salah satu folder yang di-sinkronisasi. Pada permasalahan saya, ternyata Calendar tidak masuk.

Hal kemudian yang saya lakukan adalah saya hapus partnership dengan hp saya dengan memilih End a Partnership. Ingat, untuk memilih opsi ini, kita harus disconnect hp dengan PC terlebih dahulu.

End a Partnership

End a Partnership

Kemudian saya hapus partnership yang ada dan membuat partnership dengan nama yang berbeda.

Setelah semua dilakukan, akhirnya permasalahan terselesaikan dan sekarang semua berjalan sesuai yang diharapkan.

Semoga bisa membantu teman-teman yang punya masalah sama.:)

~ by Rod on March 25, 2010.

2 Responses to “Menangani permasalahan synchronisation pada Windows Mobile Device Center”

  1. sejak saya ganti PDA dari windows 5.0 ke windows 6.1, tidak pernah synchronize. berbagai cara yang di sarankan di jagat internet sudah dicoba, tidak bisa. berbagai versi windows di PC juga sudah saya coba

    XP, Vista, 7 semua gagal

    outlook juga mulai dari 2003, 2007 sampai 2010 beta, gagal.

    bagi saya kalau PDA tidak bisa synchronize dengan PC, percuma. kecewa berat saya ganti PDA yg lebih canggih. tidak pernah ada masalah apapun ketika saya pakai PDA WM 2005

    masak harus downgrade.

    ada yg bisa bantu?

    • Wah, menurut saya permasalahan kamu cukup pelik. Sudah pernah coba reset ke factory setting? Tapi sebelumnya, yang kamu maksud upgrade ini, upgrade OS nya saja? atau ganti PDA baru? Kalo upgrade OS, ada kemungkinan proses upgradenya ini tidak sempurna. Kalo ini belum dicoba, coba deh. Karena kalo menurut saya (tolong dicek keabsahannya), kecil sekali kemungkinannya antara Windows Mobile 6.1 tidak bisa komunikasi dengan Windows XP atau Vista. Karena dari sisi marketing pun ini cukup merugikan bagi Microsoft, bukan?

      Semoga ini bisa membantu. Mohon diinfokan perkembangannya. Mungkin teman2 yang lain juga ada yang bermasalah sama. Terima kasih.

Leave a Reply

 
