Menggunakan Netbeans IDE untuk pemrograman dengan Bahasa PHP

Pada hari ini saya, akhirnya, berhasil melakukan setting untuk dapat menggunakan Netbeans IDE (milik saya: versi 7.1.2) untuk melakukan pemrograman dengan bahasa php.

Beberapa langkah yang saya lakukan antara lain:

1)     Persiapan:

a)       Download php dari http://windows.php.net/download/ dan saya memilih php versi 5.3 dengan file Installer. Saya memilih Installer karena lebih mudah proses instalasinya bagi saya.

b)      Download web server. Dalam hal ini saya menggunakan aplikasi AppServ yang sudah mencakup Apache, MySQL, PHP, dan phpMyAdmin dalam satu package. AppServ ini bisa didownload dari: http://www.appservnetwork.com/. Versi yang saya pilih adalah versi 2.5.10. Ada kemungkinan bila kita sudah menginstal AppServ, kita tidak perlu lagi menginstal php di langkah a) di atas.

c)      Tentunya Netbeans IDE sudah terinstal. Bagi yang belum, bisa instal dari sini: http://netbeans.org/

2)     Pelaksanaan:

a)      Buat project baru pada Netbeans dengan memilih File > New Project

b)      Masukkan nama project yang dikehendaki

c)      Bagian terpenting, pada bagian Source Folder. Klik Browse dan pilih directory sesuai dengan konfigurasi web server anda. Bila anda menggunakan AppServ seperti saya, semua file php akan dijalankan dari folder www pada directory C:\AppServ\www (dengan asumsi bahwa anda install AppServ langsung di C bukan di C:\Program Files). Setelah itu, buat folder baru untuk project dengan menambahkan kata-kata yang sesuai dengan nama project-nya, misalnya folder phpNBProjects dan folder project1 (seperti gambar di bawah), sehingga pada Source Folder menjadi C:\AppServ\www\nbprojects\project1.

file project directory setting

file project directory setting

d)      Klik Next dan lakukan setting berikutnya seperti gambar di bawah. Perlu diperhatikan setting Project URL. Isikan directory sesuai dengan nama folder yang kita lakukan pada langkah c).

e)      Klik Next dan Finish.

Setelah semua langkah di atas kita laksanakan, kita siap untuk mengisikan program PHP kita yang pertama.

Untuk kemudahan tutorial, kita hanya perlu merubah kata-kata  “// put your code here” menjadi:

echo ‘<p>Hello World!!</p>’;

Setelah itu klik Run Main Project atau tekan F6. Maka browser default kita akan terbuka dan menampilkan hasil seperti di bawah ini:

Output

Output

Selamat Mencoba!!🙂

~ by Rod on June 12, 2012.

Leave a Reply

 
